Wanita adalah Aurat

siluet-wanita“Sesungguhnya wanita itu adalah aurat, setiap kali mereka keluar, syeitan akan memperhatikannya.” (HR. Bazzar & At- Tirmizi)

Islam telah mengatur bagaimana wanita seharusnya berperilaku yang ditujukan agar makhluk yang bernama wanita ini tidak menimbulkan fitnah (musibah/ujian), terkhusus bagi laki-laki.

Apa saja yang mesti muslimah lakukan?

1. Berhijab dengan benar (syar’i, sesuai ketentuan syariat, yakni menutup seluruh bagian tubuh kecuali muka dan telapak tangan-berarti kaki bagian bawah juga harus ditutupi menggunakan kaos kaki)

2. Tidak berlebihan dalam memakai wewangian atau sama sekali tidak memaki wewangian jika itu sangat dikhawatirkan bisa menimbulkan fitnah

3. Tidak menampilkan diri (berpenampilan) secara berlebihan (berhijab namun berhias secara berlebihan, berpose/berfoto/selfie menggoda, berjalan atau melakukan gerakan yang menggoda seperti tidur-tiduran atau duduk dengan posisi yang tidak pantas di tengah kumpulan laki-laki non mahram)

4. Tidak berdua-duan dengan lelaki non mahram

5. Menghindari ikhtilat yakni bercampurnya antara laki-laki dan wanita yang bukan mahram dalam satu tempat yang memungkinkan mereka untuk saling melihat dan melakukan interaksi langsung tanpa adanya batasan. Kecuali jika itu tidak bisa dihindari karena alasan tidak ada pilihan atau cara lain seperti belajar di kelas (sekolah atau kampus) yang ada ikhtilat didalamnya, maka dia boleh belajar di sana dan dia siap menundukkan pandangannya , menjauhkan diri dari bersentuhan dengan wanita atau memandang mereka yang mana bisa menimbulkan fitnah.

Yuk, jadi muslimah taat!

Leave a comment