Olahraga, Karate, Passion, dan Dakwah

Lama sekali rasanya tak merasakan sebuah “kemenangan”, puas atas hasil dari sebuah proses.. Katakanlah “berprestasi”, meskipun aku tidak enak mengatakannya begitu. Perasaan menang itu sudah lama terjadi. Dulu, waktu aku masih SMP. Itu masa jayaku. Siapa sih anak SMP yang tidak mau terpilih menjadi tim basket, sepak bola, voli sekolah, dapet juara kelas, menjadi ketua…

Nak, Gak Usah Belajar Ya!

Mama : Nak, kalo masa ujian sudah tiba, kamu dilarang belajar dan menghafal ya! Anak : Kok gitu, ma? Bukannya bagus aku mau belajar? Mama: Belajarnya bukan waktu mau ujian. kamu harus terlibat aktif dalam pembelajaran di sekolah sebelum masa ujian tiba. Anak : Tapi aku harus menghafal nih, Ma. Ujiannya besok pagi. Mama: Tuh…

Bersekolah, Pura-Pura Belajar

Tadi saya baca buku “Orang Jujur Tidak Sekolah”. Penulisnya Andri Rizki Putra. Di buku itu ia bercerita pengalamannya ketika menjalani Ujian Nasional SMP. Ia tak percaya kalau ternyata ada kecurangan ketika pelaksanaan Ujian Nasional. Ia muak melihat kecurangan itu. Ia muak mendengar teman-temannya yang melihat bocoran jawaban membicarakan bocoran yang mereka lihat saat ujian. Sebagaimana Rizki muak…

Ragu Sekolah

Dari pengalaman yg saya alami sendiri ketika bersekolah dan mengajar di sekolah, mendengar pengakuan orang-orang yg sekolah (misalnya keluarga) di sekolah negeri dan juga persepsi masyarakat berdasarkan realita yg dialaminya, entah kenapa saya itu merasa sangat beruntung ketika lulus SD tidak melanjutkan ke SMP negeri (saya masuk Santo Yosef). Maka saya juga akhirnya tidak mau/rela…

Wanita adalah Aurat

“Sesungguhnya wanita itu adalah aurat, setiap kali mereka keluar, syeitan akan memperhatikannya.” (HR. Bazzar & At- Tirmizi) Islam telah mengatur bagaimana wanita seharusnya berperilaku yang ditujukan agar makhluk yang bernama wanita ini tidak menimbulkan fitnah (musibah/ujian), terkhusus bagi laki-laki. Apa saja yang mesti muslimah lakukan? 1. Berhijab dengan benar (syar’i, sesuai ketentuan syariat, yakni menutup…

Gaya Mendidik Populer: Gaya Helikopter dan Gaya Sersan Pelatih

Intisari dari seminar parenting oleh Bunda Elly Risman. From Yustinawaty Hasibuan *** 1. Ada dua gaya mendidik populer. Gaya Helikopter dan Gaya Sersan Pelatih. Keduanya tidak bagus untuk perkembangan anak. 2. Gaya helikopter: mengawasi anak terlalu berlebihan, menganggap anak seperti raja yang tidak boleh “disenggol” sedikitpun 3. Gaya helikopter: tiada hari tanpa perlindungan, anak menemui kesulitan…

Deddy Corbuzier Bicara Sekolah (Fitrah Bakat)

Coba tanya sama orang tua kalian… Suka balet? Mau tidak belajar balet? Suka catur? Gimana kalau les catur? Mau tidak mereka… Itu masalahnya… Masalah kenapa kalau kita tidak suka matematika…kita dipaksa belajar matematika… Kalau tidak suka biologi kita dipaksa belajar biologi.. Dan bahkan di berikan pelajaran tambahan matematika pulang sekolah.. Saya ingat sekali saat saya…