Mendidik Generasi Akil Baligh

MENDIDIK GENERASI AKIL BALIGH Oleh Ust Adriano Rusfi Ciri paling generik dan penting bagi generasi aqil-baligh adalah kemampuan untuk memikul tanggung jawab : mukallaf. Bermula dari tanggung jawab pada Allah, yang akhirnya menjelma menjadi tanggung jawab pada diri, hak milik, otoritas teritorialnya, kemanusiaan dan alam semesta.   Jadi, jika seorang anak manusia rajin shalat namun…

Yuk Rame-rame Jadi Guru ! (Mendidik Itu Menyenangkan)

Pertama kali masuk sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sriwijaya, saya benar-benar belum terpikir bagaimana nanti jika saya menjadi guru. Pokoknya yang ada di pikiran saya waktu itu saya belajar di Pendidikan Bahasa Inggris hanya untuk mengambil ilmu Bahasa Inggrisnya saja. Entah mau jadi apa nanti. Yang penting saya tidak jadi guru. Karena biasanya…

Kurang Bahagia? Baca Ini!

Ini adalah hasil renungan saya sore ini. Bayangkan jika saat ini kamu diberi tahu oleh malaikat bahwa besok jam sekian (misalnya jam 9 pagi) kamu ditabrak mobil dan mati. Bayangkan setelah itu kamu merasakan alam kubur, ditanya tentang amalmu ketika hidup di dunia. “Waktumu dihabiskan untuk apa saja? Renungkanlah!” Sekaya apa pun orang, setinggi apapun…

Siswaku Kena Modus Tukang Foto

Entah kenapa ane begitu kesal ketika kemarin  melihat siswa-siswa ane dengan begitu mudahnya menyerahkan uang mereka pada tukang foto di tempat wisata di Bengkulu. Menyerahkan? Begini maksud ane. Di tempat wisata di Bengkulu, semuanya hampir ada tukang foto yang biasanya akan menawarkan jasa foto GRATIS. Biasanya kita akan dengan senang hati difoto. Ane yakin, awalnya…

Olahraga, Karate, Passion, dan Dakwah

Lama sekali rasanya tak merasakan sebuah “kemenangan”, puas atas hasil dari sebuah proses.. Katakanlah “berprestasi”, meskipun aku tidak enak mengatakannya begitu. Perasaan menang itu sudah lama terjadi. Dulu, waktu aku masih SMP. Itu masa jayaku. Siapa sih anak SMP yang tidak mau terpilih menjadi tim basket, sepak bola, voli sekolah, dapet juara kelas, menjadi ketua…

Nak, Gak Usah Belajar Ya!

Mama : Nak, kalo masa ujian sudah tiba, kamu dilarang belajar dan menghafal ya! Anak : Kok gitu, ma? Bukannya bagus aku mau belajar? Mama: Belajarnya bukan waktu mau ujian. kamu harus terlibat aktif dalam pembelajaran di sekolah sebelum masa ujian tiba. Anak : Tapi aku harus menghafal nih, Ma. Ujiannya besok pagi. Mama: Tuh…

Bersekolah, Pura-Pura Belajar

Tadi saya baca buku “Orang Jujur Tidak Sekolah”. Penulisnya Andri Rizki Putra. Di buku itu ia bercerita pengalamannya ketika menjalani Ujian Nasional SMP. Ia tak percaya kalau ternyata ada kecurangan ketika pelaksanaan Ujian Nasional. Ia muak melihat kecurangan itu. Ia muak mendengar teman-temannya yang melihat bocoran jawaban membicarakan bocoran yang mereka lihat saat ujian. Sebagaimana Rizki muak…