Liburan di Villa Lahat, Pagaralam

“Pengen ke Pagaralam lagi aku !” begitulah kira-kira isi status Facebook teman-teman d Himpunan Bahasa Inggris (SEESPA) yang ikut ke Pagaralam saat liburan semester ganjil (saat ini saya semester 5).  Begitu juga dengan yang lain. Hampir semuanya mengungkapkan kepuasaan dan kerinduannya untuk berlibur kembali ke Pagaralam. Saya pun juga berpikir seperti itu, liburan ini memang sungguh berkesan, meskipun sebenarnya aku sudah sering ke Pagaralam. Ada banyak hal berkesan yang membuatnya berbeda.

Saya kembali teringat saat-saat liburan semester ganjil ini digagas. Saat itu, kalau tidak salah, bulan Desember. Saya dan teman-teman memiliki ide untuk menghimpun teman-teman dalam agenda “halal bihalal” Idul Adha, karena kebetulan saat itu adalah hari setelah liburan  Idul Adha. Kebetulan juga pada saat itu sebentar lagi akan liburan semester ganjil, jadi di forum itu  sekaligus kami membahas mengenai liburan bersama semester ganjil. Ada yang ingin ke Bangka, ke Yogya, ke Bali, ke Pagaralam, namun akhirnya, karena berbagai pertimbangan diantaranya biayanya yang murah dan jaraknya yang dekat dengan Palembang, kami memutuskan untuk liburan ke Pagaralam.

Untuk persiapan, pada awalnya kami mempercayakan angkatan 2009 untuk menangani. Namun karena beberapa hal, akhirnya angkatan 2007 (angkatan saya) yang  mempersiapkan “vacation” ini. Beberapa hari kami melaksanakan rapat persiapan liburan ini. Kami putuskan biaya yang harus dibayar per orang yaitu Rp270.000,- dengan rincian Rp100.000,- untuk biaya penginapan (Villa), Rp100.000,- untuk transportasi,dan Rp70.000,- untuk komsumsi. Agak meleset memang biaya yang kami tetapkan ini. Karena ada biaya-biaya lain yang tidak terduga. Saya sarankan bagi yang juga ingin berlibur ke Pagaralam dengan menginap, setidaknya menyiapkan Rp300.000,- Kalo perlu lebih dari itu biar aman dan nyaman.hehe Tapi ya namanya juga mahasiswa, pinginya yang murah meriah.haha

Dari evaluasi liburan ini, saya akan tunjukkan informasi-informasi yang bisa dijadikan acuan bagi teman-teman yang juga ingin berlibur ke Pagaralam (menginap di Villa).

Pagaralam Trip, 4 Hari Pulang Pergi

Peserta 24 orang

Biaya Villa/malam=Rp704.000,-

No. HP Villa yang bisa dihubungi : 08127390030 (Pak Nanang Rusmadi)

Fasilitas:

  • 4 kamar (2 yang berukuran besar-2 bed dan 2 yang berukukuran sedang-1 bed).
  • Masing-masing kamar memiliki kamar mandi (bathtube, shower air panas dan dingin) dan televisi.
  • Ruang tamu.
  • Dispenser air dingin, panas, dan sedang  (jika habis bisa minta dengan pengurus Villa).
  • Pesawat Telepon untuk menghubungi  kantor pengurus.
  • Sajadah, raincoat, dan handuk per kamar.

Untuk makan malam dan makan siang, berhubung harga nasi di Villa terbilang mahal bagi mahasiswa (nasi ayam sekitar 15.000)-tapi masih bisa dinego, maka kami memesan nasi di kantin dekat masjid Gunung Gare, komplek perkantoran Pemkot Pagaralam, Gunung Dempo Pagaralam. Harga nasi telor sekitar 5000, ayam 10.000. No HP yang bisa dihubungi 085273090712 (kantin Bu Tuti).

Untuk makan pagi, kami masak sendiri dengan membawa beras dan beberapa bahan masakan seperti mie dan telor. Atau bagi yang tidak ingin repot memasak, dapat memesan nasi goreng (harga 10.000) di kantor pengurus atau di kantin Villa, bisa dinego untuk mahasiswa.

Biaya transport Palembang-Pagaralam (Bis Telaga Biru-07117078110 atau Melati Indah)= Rp40.000/orang (muatan 25 dan 27 orang)

Biaya transport/antar dari pasar Pagaralam ke Villa Gunung Dempo=Rp150.000 (langsung nego bis atau cari angkot Pagaralam).

Biaya transport/jemput (Bis atau Angkot) ke Villa Gunung Dempo dari pasar Pagaralam=Rp150.000

Biaya angkot (muatan 12 orang) untuk keliling ke tempat wisata di Pagaralam selama sehari=Rp200.000 (nego). No HP supir angkot yang bisa dihubungi 085279338802 (Mang Fensi). Atau tanya dengan pengurus loket Bis Pagaralam di Terminal Karya Jaya, Palembang.

Biaya masuk tempat wisata:

  • Gunung Dempo (Tempat Menginap)sekitar 100.000/rombongan  (nego)

Biaya masuk resmi= 2.000/orang

  • Air Terjun Cughup Embun= Rp2000/0rang (bisa nego jika rombongan)
  • Air Terjun Lematang Indah=Rp2000/orang (bisa nego jika rombongan)

Agenda

Hari 1

  • Jam 8 berangkat ke pagaralam dari terminal Karya Jaya Palembang, sekitar 6  jam perjalanan
  • Sekitar Jam 3 sampai ke Villa, Check In
  • Selanjutnya terserah Anda

Hari 2

  • Jam 9 berangkat ke Tugu Rimau (Batas Tertinggi Perkebunan Teh/Pintu Rimba)
  • Jam 12 turun ke Komplek Perkantoran Pemkot Pagaralam, ambil nasi di kantin Bu Tuti, Makan dan Shalat
  • Jam 13 menuju ke Air Terjun Cughup Embun
  • Jam 16 kembali ke Villa
  • Selanjutnya terserah Anda

Hari 3

  • Jam 9 berangkat ke Air Terjun 7 Kenangan, atau ke Air Terjun Mangkok, atau belanja oleh-oleh di pasar (opsional).
  • Jam 12 menuju ke Air Terjun Lematang Indah, shalat dulu di Mushola-di luar pintu masuk wisata Air Terjun(cukup untuk sekitar 8 orang)
  • Sehabis shalat menuju ke Air Terjun Lematang Indah. Catatan: biaya untuk bermain ban di bawah air terjun LI yang deras=Rp2000-Rp5.000/orang (nego)
  • Pulang ke Villa atau membeli oleh-oleh jika sebelumnya belum ke pasar.

Hari 4

  • Jam 9 Bis menjemput, go home

Semoga bermanfaat.

Untuk cerita saat-saat liburan di sana, nanti insyaallah akan ditulis di artikel yang lain.

Ini saya tunjukkan sedikit dari banyak foto sewaktu kami ke Pagaralam

Villa Pemda Lahat, Pagaralam

Villa Pemda Lahat, Pagaralam (Tampak Belakang)

Di salah satu kamar di Villa Lahat, Pagaralam

Wanita Muda SEESPA di Kebun Teh Pagaralam, Deket Villa

Sunrise, Villa Pemda Lahat, Pagaralam


Lingkungan Asri Villa di Gunung Dempo, Pagaralam

Ruang Tamu Villa Pemda Lahat, Pagaralam

Sarapan, Masak Sendiri-Villa Pemda Lahat, Pagaralam

Jalan Pagi di Sejuk dan Indahnya Alam Gunung Dempo Pagaralam

48 pemikiran pada “Liburan di Villa Lahat, Pagaralam

  1. kak, klo kita berangkat kesana cuman beberapa orang, bukan rombongan bisa gak mesen bis sm villa ny ? harga sama atau beda? mkasih kak🙂

    • Andre:
      ini villa yang puny pemda lahat.
      Pak Nanang itu pengurusny, wong jawa barat-sudah lama jd pengrus villa.
      utk biaya boleh jadi ada perubahan, utk kontak aq rs yang itulah. coba dicek.

      Ditha
      Kalo cm bbrp bisa.
      utk jelasny langsung hubungi Pak Nanang. ins.allah bisa mbantu.

  2. biaya masuk tempat wisata Gunung Dempo itu termasuk tempat menginap gak?.. terus ada alternatif penginapan yg lebih murah gak?..

    • ada, villa punya pemda pagaralam, deket sm villa yg ini. perhari/perorang=30.000, tapi lesehan. ckup utk 20an katanya. utk infonya ada di website pagaralam, search aja.

    • 704 itu/malam pervilla ada 4 kamar (2 luas, 2 cukup luas), ada ruang tamu juga. 24 orang cukup. tapi yg bed di kamar yg ckup luas itu ckup utk 3 orang. yg luas 6 orang atau lebih kykny ckup. ruangannya juga cukup luas, bs jg tiduran d lantai.

  3. >>> … Biaya masuk tempat wisata:

    * Gunung Dempo (Tempat Menginap)sekitar 100.000/rombongan (nego) … <<<

    Biaya ini termasuk tempat menginap ya?.. dlm bentuk kamar atau apa?..

  4. klu bisa kiranya diupload foto villanya termasuk kondisi villa dn kamar dn dapurnya,agar yg akan menyewa villa tersebut lbh jelas. Terimakasih.

  5. Assalamualaikum..wr.wb,
    Afwan k numpang nanya untuk Bis Palembang-Pagaralam , Kita diantar sampai Villa Gunung Dempo atau hanya sampai pasar Pagaralamnya k?

  6. Oh gitu ya..untuk itu terpisah dgn biaya masuk 100.000 lokasi g.dempo(Villa)nya?n byar yg 100.000 itu dgn spa k?
    n 1 lg k biaya bis 40.000/orang itu PP or tdk PP k?jd kt minta jmput dgn bis yg sma y..?
    Maaf mrepotkn ,mhon bntuannya k.

  7. Informasinya membantu sekali…kebetulan kita akan ke Pagaralam nanti, menjelang perayaan Festival Bunga 2011…

    Ayoo ke Pagaralam yuk, kami cuma berlima…kan enak kalo persis dengan bawa rombongan..harganya bisa sama dengan informasi ini…mantab….Kang Iwaza…

    • ya, dikali 4 saja..kalo harga sekarang saya nggk tahu, mungkin sdh berubah, bisa ditanya sama bapak penjaga villa, itu di tulisan ada no hp nya (insyaallah blm berubah).

      • ya, villa n empatnya mmg bagus..makanya kalo pgn nginep enak rame2..kalo kami waktu itu ya sekitar 24 orang.

      • ada 2 kamar yang luas, ranjangnya cukup 6 orang. trus yang juga bisa tidur di lantainya juga (dalem kamar). satu kamar yang luas ini bisa 10 orang (lebih kalo mau jg bisa).
        kamar yang kecil ranjangnya cukup utk 3 orang. agak susah kalo tidur di lantai.
        nah, di ruang tamunya luas, bisa tidur di kursi atau di lantainya. Lantainya pake karpet. bawa aja selimut tebel biar anget.

  8. ada yg tempatnya dg kapasitas lebih kecil n tarif lebih murah gak??.. utk sktr 10 orang..
    coz kami rencananya cuma sekitar 10-an orang, jd klo pake yg 704rb/malem, kyknya masih kemahalan utk kantong kami.. maklum mahasiswa.. hhehe..

    • kalo villa yg punya Pemda Lahat, ada yg harga 300ribuan/malam. 2 kamar ukuran kecil (sederhana sekali). Kalo 10 orang isinya laki semua sy rasa g masalah. Bagusnya hubungi saja no pengurus Villa yg ada di tulisan ini. Smg mbantu.🙂

      follow twitterku >> @kak_iwaza

      • nah, klo yg ini relatif lmyn sesuai lah utk budget traveler.. hehe.. berarti sekitar 30rb-an/orang… fasilitas n ukuran kamar gak terlalu mslh, coz kami cowok semua, yg penting ada tmpt aman n nyaman bwt tinggal slama disana..

        thnks infonya.. tp ntr msh mau banyak nanya2 lg nih.. hehe..

        >> blm punya twitter *sumpah gaptek..

  9. Kan yg tertera di atas per orang 270rb. Nah itu sdh trmasuk biaya pulang pergi ya ? & itu sdh termasuk biaya masuk tmpat wisata gunung dempo bkn (yg diatas td tertera 100rb) ?

    • perorang kan 270ribu. jumlah orang/rombongan kan ada 24 orang. dikali aja. jadi seluruh kebutuhan dari 270ribu itu. cuma kmrn kami msh patungan lagi. jadi anggaplah patungannnya 300ribu/orang..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s