Apa Tujuan Bersekolah

100077Apa tujuan kita sekolah? Jika kita tanya ke banyak orang, maka jawabannya bisa digambarkan seperti ini:

Sekolah –> Masuk Perguruan Tinggi —> Kerja di perusahaan yg bisa bikin kita dibilang sukses oleh banyak orang (bergaji tinggi karena jabatannya tinggi atau bekerja di perusahaan besar, punya rumah, punya mobil, punya gadget mahal, bisa jalan-jalan ke tempat terkenal).

Kenyataannya, yg kerja di perusahaan besar biasanya yg nilainya waktu sekolah atau kuliah unggul (biasa dibilang kebanyakan guru “orang pintar”), sisanya yang nilainya SEDANG-SEDANG (biasa dibilang guru “gak bodoh-bodoh amat dan gak pintar-pintar amat”), ada yg beruntung masuk PTN, ada yg kurang beruntung-jadinya “YANG PENTING KULIAH (biasanya pilih jurusan komputer atau ekonomi-JURUSAN UMAT, YANG PENTING KULIAH DAN KERJA biar mapan deh pokoknya.

Paling banter dapet kerja DI BANK, karena biasanya bank menerima semua jurusan, gajinya pun lumayan. Sisanya lagi yg gak bisa lanjut kuliah, jualan seadanya, buka warung, dsb.

Nah, nanti pas REUNI alumni sekolah kelihatan tuh BEDANYA.
Banyak yg minder dan gak dateng karena merasa “tidak begitu sukses” dibandingkan dengan alumni-alumni lainnya.

Ah, sekolah.

Kata Ustadz Harry Santosa:

Pandangan spt di atas adalah pandangan darwinisme sosial, persaingan dan keunggulan. Padahal setiap manusia pasti punya keunggulan unik masing-masing yg merupakan panggilan hidupnya. Sepanjang seseorang menjalani panggilan hidupnya lalu memberi banyak manfaat maka dia sukses.

Semua orang berupaya memperbaiki pendidikan (sistem persekolahan), namun sayangnya yang diperbaiki selalu caranya, metodenya, kurikulumnya dll bukan purpose dan misi keberadaan sekolah. Sampai hari ini apa purpose sekolah? Mengapa orang membuat sekolah? Maka jawaban2nya akan sama dengan 200 thn yang lalu, yaitu mengisi dunia kerja.

#PendidikanBerbasisFitrah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s