Ikhwah, Kami Butuh Antum!

DSC00143

Apa Kabarmu, Ikhwah?

Sejak hari itu perhatian saya terhadap siswa bertambah. Khawatir. Baru terasa bahwa apa saja yang siswa lihat, apa saja yang siswa dengar, dengan siapa ia berinteraksi, seperti apa dia berinteraksi, apapun yang ia alami akan benar-benar mempengaruhi kepribadian mereka. Karenanya, saya ingin terus memastikan bahwa mereka terus berada di jalur yang benar: bersikap yang benar, berteman dengan orang yang benar, bergaul dengan cara yang benar, belajar dengan orang benar, dan mengambil teladan pada orang yang benar.

Seperti yang pernah saya tuliskan di tulisan saya, saya akan merasa keberatan jika saja misalnya SMP IT menerima guru dengan pola pikir yang tidak sejalan dengan saya, seperti masih menganggap merokok itu biasa, menganggap pacaran itu biasa, dan lain-lain. Saya pernah mendengar bahwa salah satu sekolah Islam di Lahat pernah menerima guru yang seperti itu. Sayang sekali rasanya meskipun saya tahu ia tak akan mengajarkan itu pada anak didiknya. Tapi tetap teladan adalah hal utama.

Kita bisa bayangkan jika antara guru yang satu dengan yang memiliki pemahaman yang berbeda. Siswa yang tak paham tentu akan memilih yang perbuatan yang menurutnya enak atau nikmat. Misalnya, ada dua guru: yang satu menganggap mengupload foto selfie, menampilkan kecantikan diri di media sosial itu biasa sedangka guru yang lain memiliki keyakinan bahwa itu termasuk tabarruj dan bisa menjerumuskan pelakunya ke dalam perbuatan maksiat. Kan memang nikmat rasanya dipuji, merasa cantik dengan menunjukkan kecantikan kita di media sosial? Ya kan..Ya kan..?

Saya juga memahami bahwa memang susah mencari guru dengan kualifikasi yang pas ketika saat itu sekolah memang membutuhkan guru baru. Ya kita tahu, lulusan IAIN atau STIT yang gelarnya S.Pd.I itu belum tentu Islami, saya banyak melihat, mahasiswa-mahasiswa tarbiyah yang akan menjadi guru agama itu biasa pacaran. Itulah susahnya. Rasanya memang sulit mencari guru dengan kualifikasi seperti yang kita harapkan.

Itulah kenapa saya ingin sekali bilang. IKHWAH, KAMI BUTUH ANTUM !

Tinggalkan Balasan

