Dilema Berjabat Tangan dengan Lawan Jenis

Sesungguhnya ditusuknya kepala salah seorang diantara kamu dengan jarum besi itu lebih baik daripada ia menyentuh wanita yang tidak halal baginya.”(HR. Thabrani dan Baihaqi)

“Lebih baik bagi salah satu dari kalian memegang bara api yang panas dari pada menyentuh wanita yang bukan mahram.” [HR. Sahihain]

Banyak ulama yg mengeluarkan fatwa, bahwasanya berjabat tangan antara seorang lelaki dengan seorang wanita yg bukan mahramnya itu haram.

Namun, masalah ini sering kali membuat dilema. Orang-orang terdekatnya seperti sepupu atau kawan lama yg bukan mahramnya sudah terbiasa berjabat tangan dgn lawan jenis yg bukan mahram.

Mereka tidak bisa membedakan antara apa yg disyariatkan oleh Allah dgn tradisi yg berlaku di tengah masyarakat. JADI APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Sedapat mungkin ia harus menghindari orang-orang yg hendak berjabat tangan dengannya. JIKA PERLU, ia harus katakan terus terang, bahwa ia tidak mau berjabat tangan dgn lawan jenis yg bukan mahramnya. Hal itu lebih ringan risikonya ketimbang ia harus terperosok dalam sesuatu yg dilarang orang Allah.

Apabila ternyata ia tidak menemukan cara untuk menghindar dan ia pun tak kuasa untuk menolak berjabat tangan, maka ia harus selalu memohon ampunan Allah (mengingkari apa yg telah ia lakukan, karena sudah berjabat tangan dgn lawan jenis yg bukan mahramnya) serta meminta pertolongan untuk selalu taat pada-Nya.

NAH, jika BERJABAT TANGAN AJA kita mesti menghindar, apalagi PACARAN dimana sentuh-sentuhan sudah menjadi barang biasa. Jangankan sentuhan, lebih dari itu ciuman, pelukan, dan bahkan ZINA YANG SEBENARNYA hingga hamil. Na’udzubillah..

Keep syariat in your heart, your mind, and your live.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s