Kursus Bahasa Inggris 6 Minggu Bisa! Di Mata Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris

Sudah pernah dengar belum ada kursus bahasa Inggris 6 Minggu Bisa! ? Belum kan? Ok yang belum tahu, ini saya kasih tahu. Yang sudah tahu, selamat eh! Jadi gini, untuk diketahui kalau saat ini saya bekerja di sebuah lembaga pendidikan bernama Sang Bintang School (SBS). Dari namanya orang-orang biasa langsung mengira kalau itu sekolah kayak SD, SMP, dan SMA gitu. No, ternyata bukan, setidaknya sampai saat ini. Saya sendiri kadang bingung bagaimana menjelaskannya.

Kalau saya bilang yayasan, ternyata Sang Bintang School bukan yayasan. Kalau saya bilang SBS itu kursus bahasa Inggris, iya betul juga. Namun, SBS juga ada kursus Psikologi, Kursus Bahasa Arab, Bimbel, dan sekolahnya (sekolah menengah) pun sedang dalam proses untuk dijalankan. Jadi Sang Bintang School itu mengerjakan semua apa yang bisa dilakukan untuk kemajuan pendidikan. Kalau pendirinya bilang, konsep baru SBS itu adalah platform. Jadi SBS itu adalah platform pendidikan. Platform yang seperti apa? Seperti google? Soal ini pun, beliau bilang platform yang dimaksud ini belum ada contohnya. Hampir mirip dengan google, tapi berbeda. Hmm, mohon maaf, saya tidak bisa menjelaskan SBS sebagai platform lebih dari ini.

Nah, salah satu usaha atau unit kerja yang dijalankan SBS  adalah kursus-training bahasa Inggris 6 Minggu Bisa! dengan metode Kampoenk Jenius, tanpa menghafal, tanpa PR, tanpa mencatat, dan tanpa menyontek (gagal mengulang gratis!). Banyak yang tidak percaya. Apalagi untuk mereka yang memang lama menggeluti pendidikan bahasa Inggris di universitas (red: mahasiswa dan dosen pendidikan bahasa Inggris, seperti saya). Pikiran logis mereka (baca: saya) akan berkata “that’s impossible”. Itu tidak mungkin. Saya sendiri ketika pertama kali mendengar informasi kursus ini saat saya masih mahasiswa juga berpendapat sama. Well, tanpa perlu berpanjang lebar saya, sebagai sarjana pendidikan bahasa Inggris akan membantu menjelaskannya untuk Anda.

Apa Ukuran Bisa dalam Kursus-Training ini?

Ada beberapa ukuran yang ditetapkan pengajar/instruktur SBS sehingga peserta kursus (siswa) bisa dikatakan “bisa”, yakni:

  • Menguasai grammar dasar termasuk 16 tenses
  • Menguasai minimal 1000 kosa kata bahasa Inggris
  • Percaya diri dalam speaking (conversation and presentation) dengan tingkat kesalahan grammar yang minimal
  • Mampu memahami bacaan (artikel) sederhana
  • Terbiasa dalam mendengarkan kata-kata dalam bahasa Inggris  (mendengar tanpa kesulitan yang begitu berarti)
  • Mampu menulis artikel dalam bahasa Inggris dalam standar 500 kata (kurang lebih sebanyak satu halaman kertas A4) dalam waktu kurang lebih 30 menit dengan kesalahan yang minimal.

Nah, ketika siswa tidak memenuhi target di atas, maka ia bisa dikatakan “gagal” dan boleh mengulang gratis. Meskipun berdasarkan target di atas siswa gagal-misalnya tidak memenuhi target 1000 kosa kata,  ada juga siswa yang merasa bahwa ia mengalami kemajuan yang pesat sehingga ia merasa tidak perlu mengulang. Sebaliknya ada juga yang sebenarnya sudah memenuhi target di atas, namun masih ingin mengulang. Sebenarnya banyak faktor yang membuat siswa tidak memenuhi target-target di atas, salah satunya adalah ketidakdisiplinan. Karena program ini adalah program singkat intensif, maka siswa sangat diharapkan untuk menghadiri semua pertemuan atau setidaknya tidak hadir tiga kali pertemuan saja.

Namun, yang lebih penting dari target-target di atas sebenarnya adalah pada dasarnya, apa yang SBS berikan dalam kursus-training bahasa Inggris 6 Minggu Bisa! ini bertujuan untuk membuat siswa percaya diri dalam berbahasa Inggris, senang dalam belajar bahasa Inggris, tahu cara belajar yang efektif, dan terakhir barulah memahami keterampilan dasar bahasa Inggris. Dengan semua yang mereka dapatkan tersebut, diharapkan setelah selesai mengikuti kursus-training ini siswa sudah memiliki lmu dan keterampilan yang cukup untuk mengaplikasikan bahasa Inggris di kehidupannya sehari-hari dan mempelajari bahasa Inggris lebih dalam secara mandiri. Intinya, SBS mencoba memberikan pemahaman kepada para siswa tentang prinsip kegiatan belajar dan mengajar (pendidikan) yang benar, terutama kegiatan belajar dan mengajar bahasa Inggris.

Secara objektif, sebagai seorang sarjana pendidikan bahasa Inggris, saya bisa katakan dengan yakin dan penuh kesadaran bahwa apa yang bisa peserta didik (siswa) dapatkan di kursus-training 6 Minggu Bisa! jauh lebih baik dari pembelajaran di sekolah selama 6 tahun (SMP dan SMA). Inilah masterpiece SBS dalam terobosan belajar bahasa Inggris. SBS bisa berbangga hati karena hampir seluruh alumni setuju dan mendukung metode yang SBS berikan dalam pembelajaran bahasa Inggris.  Kekurangan tentu ada, namun tentunya hal itu akan terus diperhatikan sehingga apa yang SBS bisa berikan dalam pembelajaran bahasa Inggris bisa lebih optimal ke depannya.

Salam jenius!

Info lebih lanjut, kunjungi http://6HariBisa.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s