Give Me Truth

“Rather than love,

Than money,

Than fame,

Give me truth.”

Ada yang tahu apa artinya kata-kata di atas? Well, saya akan bantu mengartikan.  Kata-kata tersebut saya dengar dari Chris McCandles, tokoh utama di film Into The Wild, sebuah film yang mengisahkan kisah nyata seseorang pemuda yang memutuskan untuk “backpacking sendirian tanpa uang”. Kata-kata tersebut kurang lebih bermakna “dari pada cinta, uang, popularitas, lebik baik beri aku kebenaran…” Saya tidak tahu itu perkataan siapa. Yang saya tahu Chris Mc-Candle dalam film itu hanya mengutip perkataan seseorang dari buku yang pernah di baca.

Saya tertarik mendalami hikmah dari perkataan McCandles yang mendasari keputusannya untuk menjauh dari orangtuanya dengan backpacking sendirian tanpa bekal uang sepeser pun. Saya ingin menceritakan secara singkat terlebih dahulu tentang isi film Into The Wild karena kutipan tersebut dan cerita dalam film Into The Wild menjadi satu paket yang harus kita telaah.

Sekilas Tentang Kisah Mc Candles dalam Film Into The Wild

Into The Wild

Chris McCandles adalah seorang mahasiswa kedokteran yang baru saja menamatkan studinya. Setelah tamat ia memutuskan untuk pergi menjauhi orangtuanya. Selama dua tahun ia berkeliling ke tempat-tempat yang ia sukai, tanpa bekal uang sepeser pun. Setelah dua tahun berkeliling, ia ingin mencoba menjadi survivor di Alaska. Karena suatu alasan yang tidak ingin saya sampaikan di sini (nonton sendiri ya), akhirnya ia meninggal dalam keadaan sendirian di alam liar Alaska.

Chris (ia menyebut dirinya Alexander Supertramp), merasa muak hidup bersama orangtuanya. Orangtuanya adalah orang yang kaya. Namun hubungan dan sikap kedua orangtuanya tidak membuat Chris bahagia. Ia sudah terlalu bosan dengan kehidupannya di keluarga dan kampus yang sudah dijalaninya selama ini. Ia tak peduli lagi tentang keberlimpahan materi, bahkan ketika ayahnya ingin membelikannya mobil baru pasca wisuda, ia menolaknya. Karena kemuakannya itulah, ia memutuskan untuk pergi menjauhi keluarganya. Banyak hal yang menarik ia temui dalam perjalanannya. Dalam perjalanannya inilah, ia berdiskusi tentang makna hidup dengan orang yang ditemuinya di jalan. Katanya, “ rather than love, than money, than fame, give me truth”.

Ternyata Mehamami Prinsip dan Makna Hidup adalah Segalanya

Lihatlah pernyataan Chris di atas. Ia sudah merasakan bagaimana kekayaan tidak membuat hidupnya tenang dan bahagia. Ia akhirnya pergi untuk mencari kebebasan dan makna hidup. Ia berani berjalan tanpa bekal uang. Bahkan dalam satu adegan ia berkata “my life was more exciting when i was penniless” yang artinya kurang lebih “hidupku lebih menarik dan lebih bergairah ketika aku punya sedikit uang”.

Memang pada awalnya ia tidak membawa bekal uang, namun karena kebutuhan tertentu ia harus mencari uang. Ia sebenarnya hanya butuh uang untuk perbekalannya hidup di alam liar Alaska. Ia lalu bekerja di beberapa tempat untuk sementara. Ketika ia digaji dan memilki uang itulah ia merasa bahwa hidupnya jadi kurang menantang dan menarik sehingga ia mengatakan “my life was more exciting when I was penniless”. Lihatlah, sebenarnya untuk bahagia kita tak membutuhkan banyak uang. Banyak uang bukan ukuran kebahagiaan dan ketenangan hidup. Ternyata, rezeki dan karunia yang paling berharga adalah  KITA DIBERIKAN PEMAHAMAN YANG BENAR TENTANG HAKIKAT KEHIDUPAN, PRINSIP DAN  TUJUAN HIDUP YANG BENAR. Ketika kita sudah mendapatkan itu, insya Allah, apa pun kondisi yang kita dapatkan di dunia ini, kita akan tetap MERASA MENJADI ORANG YANG PALING BAHAGIA DI DUNIA. Tak ada seseorang pun di dunia yang tidak memiliki alasan untuk bisa bahagia.

Untuk itulah, yang harus kita lakukan sekarang adalah menemukan hakikat dan tujuan hidup yang sebenarnya. Sudahkah Anda menemukannya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s