Menikmati Musik, Menikmati Hidup

Tahukau Anda? Bahwa saya termasuk orang yang begitu menikmati musik sehingga saya berpikir sepertinya saya tak kan mungkin bergabung ke kelompok Islam yang punya kecenderungan mengharamkan musik secara mutlak. Saya termasuk orang yang percaya bahwa musik itu baik (jika digunakan untuk hal yang baik) bahkan bermanfaat. Contohnya saja musik bisa memanipulasi mood atau emosi kita. Untuk guru, dengan musik kita bisa membuat pelajaran menjadi lebih menyenangkan dan suasana jadi terasa hangat.

Saya kasih tahu bagi yang belum tahu kalau saya adalah orang yang introvert, pendiam dan pemalu. Namun ketika saya mendengarkan musik sendiri, jujur saja, saya biasa joget-joget atau jingkrak-jingkrak tak karuan jika memang musiknya cocok untuk begitu. Masa iya sambil mendengarkan lagu Kitaro, saya jingkrak-jingkrak. Tak cocok, bukan. Saya yakin ada di antara pembaca yang juga melakukan hal yang sama ketika mendengar musik sendiri. Hayo ngaku..hayo ngaku..?😀

Jika saya ditanya tentang grup band, penyanyi, atau jenis musik seperti apa yang paling saya suka atau saya idolakan maka saya biasanya tak punya jawaban pasti. Saya bisa katakan kalau saya suka semua jenis musik, bahkan dangdut. Bukan soal siapa penyanyi atau jenis musiknya tapi soal lagunya itu sendiri. Saya punya playlist lagu yang jenisnya saya kategorikan berdasarkan “feeling” atau tujuan mendengarkan lagu tersebut. Berikut saya jelaskan apa saja kategori tersebut:

  • Jump / Have Fun
    • Lagu yang ada dalam kategori ini adalah lagu yang bisa membuat kita melompat-lompat bahkan teriak-teriak seperti Just Dance (Lady Gaga), Insomnia (Craig David), Dress for Success (Roxette), Jump (Van Hallen), Night of Fire (Ost film Initial D), 2002 World Cup Anthem-Vangelis (JS Radio Edit), Party Rock Anthem (L.M.F.A.O). Lagu-lagu seperti ini biasa diputar sebelum sebuah Training dimulai agar suasana hati peserta training menjadi semangat.
  • Alfa – Meditasi
    • Lagu ini adalah lagu yang cocok didengar untuk meditasi atau rileks. Lagu-lagu Kitaro tidak masuk dalam kategori ini, karena lagu Kitaro cenderung “sedih dan galau” dan lebih cocok untuk mengingat kesalahan/dosa sedangkan kategori ini tidak. Lagu ini sangat cocok didengarkan saat hujan. Lagu-lagu yang ada dalam kategori ini seperti lagu-lagunya Enya-hampir semua lagunya saya suka, lagu-lagu yang saya dapatkan dari CD Mp3 Kompilasi “Sound of Nature” (saya tak tahu siapa komposernya, beberapa judul lagunya diantaranya “Blue Helena”, “Adiemius”, “Rambling River”, “Quetzals Melody”), River Flows in You (Yiruma), dan masih banyak lagi.
  • Menghentak dan Menggugah
    • Ketika mendengar lagu ini, Anda bisa merasa semangat dan seperti tergugah untuk melakukan suatu perjuangan, seolah-olah kita sedang disiapkan untuk bertempur. Lagu-lagu seperti ini biasanya banyak kita dengar di film-film. Itulah untuk mencari lagu seperti ini biasanya saya cari original sountrack (Ost) sebuah film. Lagu-lagu kategori ini yang saya punya di playlist saya adalah Ost Armageddon (Hans Zimmer), Ost Madagaskar (Hans Zimmer), One Day-Ost Pirrates of the Caribean: At World’s End, Ost Independence Day, dan Santorini (Yanni).
  • Lembut (Tidak Menghentak/Terlalu Menghentak) dan Menggugah
    • Lagu-lagu kategori ini hampir sama dengan Menghentak dan Menggugah. Banyak lagu-lagu kategori ini yang juga saya dapatkan dari original soundtrack film. Bedanya dengan kategori di atas, kategori ini tidak terlalu menghentak dan hampir mirip lagu sedih (sedih dalam artian terharu bahagia). Lagu yang biasa kita dengarkan di akhir film biasanya seperti ini. Perasaan yang saya rasakan ketika mendengar lagu ini seperti campur aduk dari terharu, bahagia, dan semangat/merasa tergugah. Lagu-lagu ini cocok didengarkan sambil membaca buku Kisah Pahlawan, Kisah Orang Sukses, Kisah Perjuangan Rasul dan Para Sahabat. Lagu-lagu yang saya punya untuk kategori ini cukup banyak, seperti Honor Him (ost Gladiator), We are Free (ost Gladiator), Maestro (ost The Holiday-saya jadi penasaran filmnya gimana), Tennese (ost Pearl Harbor), Shawshank Prison (ost Shawshank Redemption), Tibet (Ost The Way Back), ost The Last Mohican, Chariots of Fire (Vangelis), This Land (ost Lion King), Heart of a King (ost The Man in the Iron Mask), My Great Adventure Indonesia (Jingle Iklan Rokok Djarum).
  • Pengingat Dosa
    • Jika disalah gunakan, lagu ini juga cocok untuk lagu “galau” yang bisa bikin kita menangis hebat bahkan bunuh diri. Lagu yang saya punya untuk kategori ini seperti A Comme Amour, Caravansari (Kitaro), Mirrage (Kitaro), Romance (ost Autumn in My Heart / Endless Love), Titanic Symphony, dan beberapa lagu lain.
  • Kenangan / Kasmaran / Haru Bahagia
    • Lagu ini bisa dibilang lagu bahagia yang mengharukan (haru yang kita rasakan ketika mengingat kenangan atau kebaikan seseorang-bukan kesalahan diri atau karena banyak masalah). Lagu ini cocok diputar sambil melihat foto-foto bersama kawan atau bersama keluarga, foto masa kecil, dll. Lagu-lagu yang ada dikategori ini seperti Forever in Love (Kenny G), Prayer (ost Autumn in My Heart/Endless Love), Loving You (Kenny G), The Moment (Kenny G), Always with Me Always with You (Joe Satriani), Until Last Moment (Yanni), Ballade Pour Adeline (Yanni), dll.
  • Unik Asyik
    • Lagu ini lagu-lagu yang unik, menyenangkan, dan lucu didengar. Lagu ini cocok sebagai  pengiring ketika bermain games di sebuah training atau kelas. Lagu yang saya punya dianatara I Feel Good (James Brown), James Bond Them, Asereje, Chicken Dance, Everybody Dance Now (Bob Sinclar), Pink Panther Theme, You Can Get It If You Really Want (Jimmy Cliff), dan banyak lagi.

Sebenarnya masih ada kategori lain, tapi cukup ini saja saya tunjukkan. Jika penasaran bagaimana lagu-lagu yang saya sebutkan di atas, silakan cari di internet. Banyak kok bertebaran di internet. Kalau males, boleh minta sama saya. Tapi… WANI PIRO? :p

Nikmati musik, nikmati hidup Anda! Salam musik!🙂

Tinggalkan Balasan

