PERTEMUAN PERDANA THINKING SCHOOL: SUCCESS

Menemukan Tujuan Hidup

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Sabtu (1/2/2014), di kantor Sang Bintang School Pontianak diadakan “majelis ilmu” yang dinamakan Thinking School. Coach dalam Thinking School ini Mr. Yunsirno yakn direktur sekaligus pendiri Sang Bintang School. Dalam kesempatan itu kami belajar tentang “sukses”, tema yang seringkali dibahas di berbagai pertemuan dan buku.

Dalam thinking school ini tentunya kami tidak saja mendengar penjelasan dari coach, tetapi kamu juga dipancing untuk berpikir dan menemukan apa sebenarnya sukses dan bagaimana meraihnya. Di awal kami diminta untuk mengemukakan pendapat tentang arti sukses. Tentunya masing-masing kami memiliki pendapat yang berbeda. Saya sendiri berkomentar bahwa sukses itu memiliki tingkatan. Kita seringkali hanya menisbatkan kata sukses kepada mereka yang “memiliki fasilitas yang berkelimpahan”. Kita tidak menyadari bahwa dalam hidup kita telah menggapai sukses berkali-kali. Tamat SD bukankah itu kesuksesan? Tamat SMA bukankah itu kesuksesan? Wisuda, tamat kuliah bukankah itu kesuksesan? Yup, those are success. Level tertinggi sukses adalah ketika kita riwayat hidup kita ditamatkan oleh Allah, Allah telah ridho terhadap amalan kita di dunia sehingga Ia memberikan rahmat-Nya dan kita dimasukkan-Nya ke dalam surga. Pengetahuan akan tujuan akhir inilah yang dapat membuat hidup kita tenang dan merasa terjamin. Banyak loh orang yang tidak tahu soal ini, terutama orang-orang Barat yang punya pemikiran yang maju tapi jauh terhadap nilai-nilai Ketuhanan.

Jadi memang pada dasarnya tak masalah jika kita memilih jalan hidup sebagai orang biasa dengan kepemilikan  kekayaan yang standar seperti karyawan swasta dan PNS asal selama kita hidup kita benar-benar berusaha beramal dengan amalan yang paling baik agar kita sukses di mata Allah (sehingga Allah memberikan rahmat-Nya).

Namun, sayangnya pilihan kita untuk menjadi “orang yang biasa saja di dunia” (tidak berprestasi, tidak berpengaruh, tidak kaya, dsb) seringkali bukan karena kita dengan sadar telah memilih jalan seperti itu, tapi lebih karena kesalahan kita dalam memanajemen diri. Banyak dari kita yang tidak tahu potensi dan minat diri sehingga akhirnya kita tidak menjadi apa-apa di dunia. Pun jika kita telah tahu potensi dan minat, kita tidak memiliki tiga hal penting untuk menggapai kesuksesan hidup (hidup dengan pencapaian yang biasa-biasa saja). Nah, menurut Mr. Yunsirno, tiga hal penting ini adalah:

  1. Prinsip
  2. Komitmen
  3. Disiplin

Ketiga hal di atas sangat berkaitan. Banyak orang yang tak memahami prinsip-prinsip kehidupan sehingga seringkali salah dalam menyikapi permasalahan hidup. Prinsip ini terkait dengan ilmu.  Makanya, dalam hidup banyak-banyaklah belajar tentang prinsip-prinsip dengan membaca buku, berdiskusi, mengikuti seminar, dan sebagainya.

Jika kita sudah paham dan memiliki prinsip yang kuat, maka komitmen akan muncul. Maka pahamlah kita bahwa “kebijaksanaan” itu berbanding lurus dengan “pencapaian”. Banyak orang yang tak mau belajar akhirnya hidup dalam kesempitan meskipun boleh jadi ia hidup dalam kelimpahan (apalagi yang miskin). Tujuan hidup saja mereka tak tahu.

Ternyata komitmen saja tidak cukup. Satu hal penting yang ternyata menjadi masalah saya juga adalah tentang kedisiplinan menjalankan komitmen. Nah ini yang susah! Saya makin sadar kenapa pencapaian saya sejauh ini tidak begitu luar biasa. Yup, I am lack of discipline.

Jadi, sudah tahu ya kenapa kita gak maju-maju, jalan di tempat, begini-begini aja? Terus tahu juga kan kenapa ada orang yang hidupnya maju, berkelimpahan tapi masih merasa sempit dan kurang bahagia?

SALAM JENIUS!!! SALAM SUKSES!!!^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s