Susahny Menghilangkan Budaya “Gotong Royong” di Indonesia

Jangan mencontek

Katakan Tidak Pada Mencontek!

Gotong royong sebenarnya bagus. Tapi jika gotong royongnya dalam hal keburukan maka itu tidaklah bagus. Indonesia konon sangat terkenal dengan masyarakatnya yang gemar bergotong royong. Saya pun mengakuinya. Saking kuatnya budaya gotong royong ini, saya sering merasa kesulitan menghilangkannya. Sumpah.

Gotong royong yang saya maksud di sini adalah gotong royong dalam menjawab soal ujian. Saya sering kali sudah mencoba cara apa saja agar siswa saya tidak gotong royong dalam menjawab ujian. Tapi karena kesetiakawanan masyarakat Indonesia ini tinggi sekali,  maka sangat sulit bagi mereka untuk meninggalkan tindakan yang buruk ini.

Di SMA ketika saya PPL saya sering menemukan banyak siswa yang suka contekan. Bahkan siswa yang dibilang cerdas dan sering mendapatkan juara kelas pun tidak ketinggalan dalam contek mencontek. Ini memang sudah jadi rahasia umum. Jarang sekali siswa yang dengan “gentle” tidak mencontek sedikitpun ketika menemui kesulitan dalam menjawab soal. Ya memang mereka masih remaja, masih anak SMA. Butuh kesabaran ekstra dan cara yang super kreatif agar mereka sadar dan berhenti melakukan tindakan tercela ini.

Tapi ternyata tidak hanya siswa SMA yang biasa contekan. Saya juga sering menemui mahasiswa yang masih suka contekan, banyak malah. Mungkin bisa dibilang 7 dari 10 mahasiswa suka mencontek. Wahai pelajar, sadarlah! Apa perlu saya percikkan air dengan kembang tujuh rupa ke muka kalian agar sadar. Gak perlulah rasanya.

Alhamdulillah, saya merasa tidak pernah mencontek selama sekolah dan kuliah. Pernah ketika masih kuliah kami ada ujian statistik. Jujur, saat itu saya tak bisa berbuat banyak. Saya kurang mengerti pelajarannya. Meskipun saat itu “open book exam” dan dosennya keluar alias tidak diawasi, saya tidak rela mencontek. Saya cuma mengisi soal seadanya. Karena yang bisa saya jawab cuma sedikit, maka saya pun keluar kelas sangat cepat. Buat apa lama-lama di kelas. Gak tahu, yaudah kumpul. Ayolah kawan, sekali lagi saya ajak kalian untuk berubah! Camkan benar dalam hati dan pikiran kalian hadist qudsi di bawah ini. Ini adalah hadist yang membuat Mr. Yunsirno, direktur Sang Bintang School ketika SMP tidak mau mencontek lagi sampai-sampai beliau sering mendapat ujian remedial namun pada akhirnya dapat mengungguli siswa-siswa lainnya.

“Barangsiapa mencari ilmu bukan karena Aku, akan dijauhkan dari bau surga” (Hadits Qudsi)

Salam Anti Mencontek!

Tinggalkan Balasan

