Tips Sukses: Menunda Kesenangan

BokekMenunda kesenangan.  Ini adalah salah satu tips sukses yang biasa kita dengar dari para motivator sukses seperti Bong Chandra, Andrie Wongso, dan Tung Desem Waringin. Saya termasuk yang belum pandai menjalankan tips ini. Susah ternyata. Mungkin inilah yang menyebabkan orang yang sukses itu sedikit.

Sebenarnya sudah dari dulu tahu tips ini, namun hari ini saya mendengarnya lagi dari audio motivasi Bong Chandra. Ilustrasinya tentang tips ini membuat saya sadar. Ia bercerita pengalamannya ketika melihat seorang resepsionis yang punya mobil, padahal ketika itu Bong Chandra yang direktur hanya memakai motor. Banyak orang yang memaksa membeli barang mewah padahal ia tak cukup mampu. Mereka tak mampu menunda kesenangan untuk mengumpulkan uang guna membeli aset atau memakainya untuk usaha produktif yang mampu membuatnya lebih kaya.

Saya melihat ke dalam diri saya sendiri, ternyaata saya selama ini termasuk orang belum mampu menunda kesenangan. Namun, akhir-akhir ini sikap saya ternyata benar. Saya menunda mengganti HP saya yang jadul ketika banyak orang yang sudah memakai android dan BB. Saat ini saya tak bisa lagi minta uang dengan orangtua.  Sedangkan selain membeli smartphone, saya masih punya kebutuhan lain atau ada alokasi uang lain yang lebih penting. Saya teringat anjuran buku tentang finansial yang pernah saya baca.

Urutan prioritas alokasi uang adalah akhirat, masa depan (menabung, investasi, asuransi, beli dinar/mas, dll), dan kebutuhan saat ini”. Nah, kalo kita hitung uang kita saat ini ternyata hanya cukup untuk kebutuhan saat ini, lalu kenapa kita gunakan uang itu untuk barang yang menggiurkan untuk dimiliki tapi sebenarnya tidak terlalu bermanfaat dan membuat kita lebih produktif. Ya Allah, jadikanlah hamba termasuk orang yang pandai mengatur keuangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s