Ke Bandung Aku Berenang

Satu misi, belajar berenang.Itulah yang saya lakukan selama di Bandung satu minggu belakangan mulai hari Senin kemarin (22/7/2013) selama  4 kali pertemuan yang masing-masing pertemuan berdurasi kurang lebih 1 jam. Malu juga mengatakan bahwa selama ini saya tidak bisa berenang. Namun, saya bisa pastikan banyak juga yang tampaknya bisa berenang sebenarnya tidak bisa dikatakan bisa berenang. Ya macam saya selama ini. Kalo sebatas “meluncur”  atau dalam bahasa daerah saya “beranyutan” sejauh 50 meter kurang saya bisa. Itupun dengan gaya bebas yang masih salah tekniknya. Coba kalo dicemplungin di laut. Berani? Belum tentu! Itulah mengapa saya sangat bersemangat untuk memenuhi target saya ini yakni “Bisa berenang dengan benar”.

Apakah selama 4 kali pertemuan tersebut saya berhasil menguasai teknik berenang?  Saya bisa katakan “ya” untuk gaya  dada (breast stroke). Untuk freestyle kan sudah biasa, tinggal dibenerin aja tekniknya. Selama 4 pertemuan itu waktu memang dihabiskan hanya untuk menguasai gaya dada dan sedikit belajar water treading  (menginjak air) atau biasa dikenal dengan water trappen. Untuk water treading saya mesti banyak latihan lagi, kalo gak biasa ya mudah capek. Water treading atau mengapung dengan posisi badan dalam posisi vertikal (tegak) memang sangat penting untuk dikuasai. Minimal harus bisa water treading selama 15 menit.  Pada intinya memang harus sering-sering berenang kalau mau mahir.

4 kali pertemuan tersebut memang kurang cukup menurut saya. Pertama kali saya diajarin blow bubbles yakni mengeluarkan udara saat berada di dalam air. Ini penting untuk mengatur pernafasan saat berenang. Setelah itu baru diajarin gerakan gaya dada. Gak mudah ternyata. Awalnya gerakan saya kaku. Ya kayak belajar motor lah. Awalnya kan harus mikir urutan-urutan gerakan, masih pake otak kiri.hehe Gak nyangka di pertemuan ke empat akhirnya saya bisa juga. Lumayan. Meskipun cuma empat pertemuan, setidaknya ini bisa jadi pemantik saya untuk belajar renang sampai benar-benar mahir. Karena waktu pertemuan yang singkat ini, saya  juga jadi semangat cari video tutorial berenang. Sangat bermanfaat. Ini saya kasih lihat  beberapa teknik water treading biar bisa dipelajari di rumah. Untuk gaya berenang kayak freestyle/front crawl, breaststroke, dan butterfly cari aja sendiri ya.Hehe

Ayo berenang!😀

1. Eagbeater Kick Water Treading

2.  Breast Stroke Kick Water Treading and some others

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s