BE ORGANIZED, BROTHER !!! (RANGKUMAN NASIHAT KEHIDUPAN)

“Apakah hidup Anda sudah teratur?”

Sampai sejauh ini, aku masih merasa belum menemukan pola hidup yang benar. Aku masih merasa seperti masih ada yang salah dalam kehidupan pribadiku.  Aku masih kacau. Rasanya percuma saja buku-buku yang sudah aku baca. Aku menilai, dan kalian juga pasti juga akan menduga bahwa INI KARENA AKU SENDIRI. Ternyata permasalahannya adalah pada komitmen dan penghayatan nilai-nilai positif yang aku pahami dari pembelajaranku selama ini. Semua pemahamanku tercecer, lebar di udara. Itulah mengapa, aku harus mengumpulkannya kembali agar lebih mudah diingat, dihayati, dan diamalkan. Ini dia…!

IBADAH MAGHDOH

  1. Shalat Subuh di Masjid berjamaan lebih aku sukai daripada Shalat Tahajud semalam suntuk.Umar bin Khattab
  2. “Dua raka’at Fajar (sebelum Shubuh) lebih baik daripada dunia seisinya.”
  3. Alangkah baiknya jika Ikhwan senantiasa membacanya (Al Ma’surat) disetiap pagi dan petang di tempat-tempat berkumpul mereka ataupun di sebuah masjid dengan menghindari hal-hal yang dimakruhkan. Dan siapa saja yang kehilangan berjama’ah didalam membacanya maka hendaklah dia membacanya secara sendirian dan janganlah meremehkannya. (Majmu’atur Rosail hal 519 – 522).
  4. Hendaklah anda memiliki wirid harian membaca Al Qur`an minimal satu juz dan berusahalah sungguh-sungguh agar jangan sampai mengkhatamkannya melewati waktu satu bulan
    (Hasan Al-Banna).
  5. Dakwah kita adalah dakwah bil qur`an, bagaimana mungkin kita mengumandangkan dakwah sementara hubungan kita dengan Al Qur`an sendiri melemah.
  6. “Setan mengikat tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur dengan tiga tali ikatan, dimana pada tiap ikatan tersebut dia meletakkan godaan, “Kamu mempunyai malam yang sangat panjang maka tidurlah dengan nyenyak.” Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan, jika dia berwudhu maka lepaslah tali yang lainnya, dan jika dia mendirikan shalat maka lepaslah seluruh tali ikatannya sehingga pada pagi harinya dia akan merasakan semangat dan kesegaran yang menenteramkan jiwa. Namun bila dia tidak melakukan itu, maka pagi harinya jiwanya menjadi jelek dan menjadi malas beraktifitas”. (HR. Al-Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776)
  7. Abu hurairah berkata, “Kekasihku (maksudnya, Rasulullah saw) berwasiat kepadaku dengan tiga hal, dan aku tidak akan meninggalkannya sehingga aku mati; berpuasa tiga hari setiap bulan, melakukan shalat Dhuha dan melakukan shalat witir sebelum tidur.” (Hadits muttafaqun ‘alaih, lihat Bukhari [1107, 1845], Muslim [1182])
  8. Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang shalat Subuh berjama’ah, lalu duduk dzikir kepada Allah swt sehingga matahari terbit,kemudian shalat dua raka’at, maka untuknya pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (Hadits Hasan, diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, lihat Shahih wa Dha’if Sunan at-Tirmidzi, hadits no. 586)
  9. Ummul Mukminin Aisyah ra berkata, “Rasulullah saw melakukan shalat Dhuha 4 raka’at dan menambahnya sesuai dengan kehendak Allah swt.” (Hadits shahih diriwayatkan oleh Muslim [1176])
  10. “Lima hal yang termasuk sunnah fitrah: Mencukur bulu kemaluan, berkhitan, memendekkan kumis, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku.” (HR Jama’ah) –  “Agar kesemuanya itu tidak melebihi 40 malam.” (HR Ahmad, Abu Daud, dll.)

***

KEUTAMAAN QIYAMMUL LAIL

a.   Mendapatkan pujian yang banyak dalam Al-Qur’an.
b.   Hatinya akan terjaga dari kerusakan dan penyakit hati. Karena terlalu banyak    tidur bisa menyebabkan rusaknya hati, karenanya dengan qiyamullail dia bisa   mengurangi tidurnya.
c.    Dia merupakan shalat sunnah yang paling utama.
d.    Orang yang mengerjakannya secara berkesinambungan akan digolongkan ke    dalam golongan orang-orang yang banyak berzikir kepada Allah.
e.    Dia akan lepas dari gangguan setan di malam harinya.
f.    Qiyamullail merupakan sebab baiknya jiwa, lapangnya dada, dan           semangatnya anggota tubuh.
g.    Orang yang mengerjakannya berkesempatan mendapatkan 1/3 malam terakhir yang merupakan waktu dimana doa akan dikabulkan. Dan sebaik-baik doa saat             itu adalah permohonan ampun akan semua dosa-dosa, sebagaimana yang           sdiisyaratkan dalam surah Adz-Dzariyat di atas.

***

KESEHATAN

“Makan sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang.”

–         Segera konsumsi makanan setelah bangun tidur malam. Setidaknya kurang dari 30 menit. Mengapa? Karena saat tidur, tubuh juga tetap menyerap nutrisi. Setelah tidur 4-6 jam, tubuh membutuhkan nutrisi lebih saat bangun dari tidur. Bila tidak, akan terjadi apa yang dinamakan katabolik, dimana tubuh memakan tubuh sendiri, khususnya protein otot. Hal ini sangat tidak baik karena cenderung akan menyisakan lemak tubuh. Bagi orang gemuk, tentu akan menambah komposisi lemak tubuh, dan bagi orang yang kurus, akan semakin menurunkan stamina karena otot berkurang.

–         Makan setiap 4 jam, walaupun belum lapar. Ubahlah pola makan ala Indonesia (3x sehari) menjadi rutinitas yang lebih sering 4-6 kali sehari, jika mampu. Setelah 4 jam, lambung cenderung kosong, dan tubuh selalu membutuhkan nutrisi. Makanlah dalam porsi kecil. Hal ini akan menjamin tubuh memperoleh nutrisi untuk stamina, dan juga mencegah rasa lapar dan ngemil. Mereka yang kurus akan memperoleh manfaat penambahan berat badan, dan mereka yang gemuk juga memperoleh manfaat dengan pengurangan berat badan. Tentu hal-hal tersebut harus dipadu dengan olahraga yang baik.

–         Perhatikan asupan nutrisi dan jenis makanan. Secara garis besar, ada tiga nutrisi pokok yang dibutuhkan yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Aturlah pola makan dengan komposisi kurang lebih karbohidrat 50%, protein 30%, dan lemak 20%. Insya Allah akan dijelaskan lebih lanjut pada tulisan berikutnya tentang masing-masing nutrisi.

“….makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al A’raaf:31)

Olahraga Teratur
Olahraga berarti mengolah raga/jasad kita agar memperoleh hak untuk sehat. Seperti awal tulisan ini, sebagaimana kita semua ketahui, Rasulullah SAW mengemukakan agar umat muslim menguasai ilmu berkuda, berenang, dan memanah. Hemat kata, ketiga hal tersebut mengacu pada aktifitas jasmani atau jasadiyah.

Muslim yang kuat lebih disukai daripada Muslim yang lemah. Tapi dua-duanya

Exercise improves cognition for two reasons:

  • Exercise increases oxygen flow into the brain, which reduces brain-bound free radicals. One of the most interesting findings of the past few decades is that an increase in oxygen is always accompanied by an uptick in mental sharpness.
  • Exercise acts directly on the molecular machinery of the brain itself. It increases neurons’ creation, survival, and resistance to damage and stress.

Source: Brain Rules, Jhon Medina

MUSIBAH

Jikalau engkau terkena oleh sesuatu musibah, maka janganlah engkau berkata: “Andaikata saya mengerjakan begini, tentu akan menjadi begini dan begitu.” Tetapi berkatalah: “Ini adalah takdir Allah dan apa saja yang dikehendaki olehNya tentu Dia melaksanakannya,” sebab sesungguhnya ucapan “andaikata” itu membuka pintu godaan syaitan.” (Riwayat Muslim)

Perlu diketahui, bahwa sabar yang menjadikan seseorang mendapatkan ganjaran pahala adalah sabar ketika di awal musibah dan inilah yang dinamakan sabar sebenarnya. Adapun sabar sesudahnya adalah cuma sekedar hiburan. Adapun jika seseorang menghadapi musibah, langsung dengan amarah dan tidak ridho pada takdir Allah, namun setelah itu dia menahan diri dan bersabar karena mungkin mendapatkan nasehat atau yang lainnya, maka ini bukanlah sabar yang sebenarnya.

ZINA/MAKSIAT

Nabi mengatakan,”Menikahlah kalian, karena menikah itu bisa menjaga pandangan dan menjaga kemaluan”. Tidak lupa pula, kita mesti sering mendengar pada khutbah walimatul-‘urus bahwa Nabi berkata,”Apabila seorang suami melihat seorang wanita di jalanan yang menarik hatinya, maka hendaknya ia segera pulang karena ia akan mendapati apa yang menarik hatinya itu pada diri isterinya”

”Wahai sekalian pemuda, siapapun diantara kalian yang telah mampu menikah maka menikahlah karena menikah itu bisa menjaga pandangan dan menjaga kemaluan. Jika kalian belum mampu maka banyak-banyaklah berpuasa, karena puasa itu perisai (terhadap syahwat)”.

“Dan janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya zina itu keji (fahisyat) dan jalan yang buruk”

“Dan apabila kalian meminta sesuatu kepada mereka (istri-istri Nabi) maka mintalah kepada mereka dari balik hijab. Yang demikian itu lebih suci bagi hati kalian dan hati mereka”.

Rasulullah bersabda,

” Telah tertulis atas anak adam nasibnya dari hal zina. Akan bertemu dalam hidupnya, tak dapat tidak. Zinanya mata adalah melihat, zina telinga adalah mendengar, zina lidah adalah berkata, zina tangan adalah menyentuh, zina kaki adalah berjalan, zina hati adalah ingin dan berangan-angan. Dibenarkan hal ini oleh kelaminnya atau didustakannya.”

Tiada seorang hamba ditimpa musibah baik di atasnya maupun di bawahnya melainkan sebagai akibat dosanya. Sebenarnya Allah telah memaafkan banyak dosa-dosanya. Lalu Rasulullah membacakan ayat 30 dari surat Asy Syuura yg berbunyi : Dan apa saja musibah yg menimpa kamu maka adl disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Dan Allah memaafkan sebagian besar {dari kesalahan-kesalahanmu}.

Janganlah memandang kecil kesalahan tetapi pandanglah kepada siapa yg kamu durhakai (Allah).HR Ad-Dailami

AKHAK PRIBADI

  1. Tahaddu Tahabbu “Saling Memberi Hadiahlah, Maka Kalian Akan Saling Mencintai”
  2. Tabassu muka fii wajhii shadaqoh “Senyum Untuk Saudaramu adalah Shadaqoh”
  1. “Janganlah salah seorang dari kalian mengambil barang milik saudaranya baik bercanda ataupun bersungguh-sungguh, barangsiapa mengambil tongkat saudaranya hendaklah ia mengembalikan.” (HR. Abu Daud).
  2. “Celakalah seorang yang berbicara dusta untuk membuat orang tertawa, celakalah ia, celakalah ia.” (HR. Ahmad).

SUKSES

Sukses itu berpola, gagal juga berpola.Jaya Setiabudi

Renungkan !!! Kamu itu tipe orang yang suka membuat EXCUSE terhadap sesuatu yang kamu tidak mampu. Kamu tidak berusaha membuat dirimu mampu!”.Renungan Jaya Setiabudi

PENYAKIT BERHARAP. BERHARAP memang memberikan MOTIVASI, selebihnya KEKECEWAAN…Seperti air yang mengalir, menerima apa yang terjadi,
menetralisir sampah, kencing dan tahi…
Tidak berharap batu berpindah, namun melewati dengan senyum, sembari memeluknya…
Karena air tahu, tak ada yang abadi, hanya sebentar dilewati…Jaya Setiabudi

Evaluasi !!!

Sekarang waktunya my friend, untuk EVALUASI. Menghitung pencapaian dan kerugian. Re-strategy untuk kemajuan. Menengok kebelakang, mengecek perbekalan, menetapkan tujuan di tahun yang baru. Jangan katakan Anda tak punya waktu untuk mengasah gergaji Anda, karena itu bukan pilihan, tapi keharusan.
Cukup 30menit+10menit! Cari tempat yang tenang, jika perlu pergi ke resort. No hp, No children, No voice, Just between You and God! Sediakan selembar kertas putih dan pena.

10 menit pertama
Rileks dan ingat-ingat kembali, apa target-target Anda tahun ini? Mana yang tercapai, mana yang tidak. Kenapa tidak tercapai? Bagaimana cara memperbaikinya? Jika tahun ini tidak ada target, sesalilah kondisi Anda saat ini yang tidak banyak perubahan. Menangislah jika perlu, seolah-olah hari ini adalah hari terakhir Anda didunia. Seolah-olah malaikat sedang meng-audit hasil kerja Anda tahun ini. Berjanjilah untuk tidak mensia-siakan waktu.

10 menit kedua
Buat target baru tahun depan. Berapa target penghasilan Anda perbulan? Prestasi apa yang akan Anda capai! Tentukan tanggalnya! Apa komitmen sosial Anda? Berapa target zakat yang akan Anda bayar tahun depan? Berapa banyak anak yatim yang akan Anda santuni? Perbaikan hidup seperti apa yang Anda targetkan untuk keluarga Anda? Targetkan berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. Visualisasikan dalam bentuk gambar. Tulis tanggal pencapaian Anda. Jangan membuat target sesuai dengan kemampuan anda sekarang, tapi sedikit lebih dari apa yang anda pikirkan. Sesungguhnya kemampuan kita melebihi apa yang kita pikirkan.

“Only those who can see the invisibles, they can do the impossibles”

10 menit ketiga
Bagaimana cara mencapai target-target Anda diatas? Gajahpun bisa dimakan kalau dipotong-potong, dibuat dendeng, abon dan di sup dagingnya. Potong-potong target tahunan Anda menjadi target 6 bulan, 3 bulan, bulanan, mingguan dan harian. Pikirkan strategi untuk mencapai target-target Anda, kemudian tuliskan. Jangan lupa ACTION, bukan hanya rencana saja!!!

+10 menit
“Mohon AmpunanMu ya Tuhan atas waktu yang terbuang percuma, bahkan ternoda oleh banyak dosa. Semoga Engkau masih memberikan hamba nafas untuk mejadi lebih baik dan mensyukuri segala rahmatMu”. Jangan puas terhadap apa yang kita capai, tapi syukuri apa yang telah kita dapatkan. Kita telah diberikan waktu puluhan tahun untuk bernafas. Apa balasan kita kepadaNya? Bahkan selalu kita meminta karena kekurangan. Pernahkah kita bersyukur anak kita terlahir utuh. Pernahkah kita bersyukur terhadap segala nikmat yang tak terhitung? Yang terakhir, barulah kita memohon kemudahan atas upaya kita. Bukan menjadi pengusaha yang kita cari, tapi nilai-nilai entrepreneurshipnya. Sukses bukanlah masalah pencapaian saja, tapi bertumbuh ke potensi maksimal yang diberikan Sang Pencipta kepada kita.

HIDUP INI SINGKAT!

Jika hari ini adalah hari terakhir Anda di dunia, BAGAIMANA Anda ingin dikenang?
Jika hari ini adalah hari terakhir Anda di dunia, APA kata-kata terakhir yang ingin Anda dengar, dari orang-orang yang mencintai Anda?
Jika hari ini adalah hari terakhir Anda di dunia, APAKAH Anda sudah memberikan yang TERBAIK?
Jika Hari ini adalah hari terakhir Anda di dunia, APA yang Anda tinggalkan?
Apakah Anda layak sukses?
Apakah Anda sudah berusaha yang terbaik?
Apakah Anda membuat orang lain bangga ?
Apakah Anda meninggal seperti seorang PEJUANG? …atau PECUNDANG?
Berapa jam sehari Anda mengabdikan waktu Anda untuk bertumbuh?
Berapa jam sehari waktu terbuang percuma?
Semoga masih ada hari esok!
Hidup itu pilihan! Mana yang Anda pilih?
Hidup itu singkat, jadi ……

“Ada tiga pilihan cara untuk memperbaiki nasib Anda. Pertama, tingkatkan valensi Anda. Kedua, perbaiki cara hidup Anda dengan menggunakan strategi dan teknik sukses tertentu. Ketiga, dan ini yang terbaik, adalah melakukan cara pertama dan kedua secara bersamaan.”Kubik Leadership

KUBIK LEADERSHIP METHOD

  1. PIMPIN KEYAKINAN (Prinsip Manusia, Alam, dan Tuhan)

      Motivasi (jangka panjang) = To Be x 1/To Have x Valensi

      RENUNGKAN:

    • Bila Anda memiliki TO HAVE namun tidak punya VALENSI dan TO BE, Anda akan menghalalkan semua cara.
    • Bila Anda punya TO BE namun tidak punya VALENSI, Anda tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk mengejar prestasi Anda.
    • Jika Anda punya VALENSI namun Anda tidak punya TO BE, Anda tidak memiliki arah dan fokus menuju prestasi Anda.

APA BINTANG TERANG MU (the ultimate life achievement) ?

JADILAH GARDU EPOS, BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN.

BANTU DAN DEKATI GARDU EPOS.

  1. PIMPIN AKSI (Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas)

      Ciri-ciri pekerja keras

  • Memiliki stamina diri yang kuat
  • Memiliki disiplin tinggi
  • Memiliki keberdayagunaan yang tinggi
  • Memiliki ketersediaan yang tinggi

            Ciri pekerja cerdas

  • Mampu meningkatkan skala dan waktu (efisien)
  • Mampu mengefektifkan sistem (efektif, simpel)
  • Mampu mengkapitalisasi aset (memanfaatkan apa yang dimiliki)
  • Mampu menempa orang (kaderisasi)
  • Mampu memperlancar keadaan (dicari dan bermanfaat bagi orang lain)

            Ciri-ciri pekerja ikhlas

  • Memiliki kapasitas hati yang besar (berlapang dada menghadapi persoalan atau pekerjaan seberat apa  pun)
  • Memiliki kejernihan pandangan

      “Keyakinan memperpendek angan-angan. Angan-angan yang pendek akan mendorong orang menjadi zuhud. Zuhud akan mewariskan hikmah. Hikmah melahirkan kejernihan pandangan.”Dzun Nun Al-Misri

  • Selalu memberi lebih
  •  Menjadikan 4-TA (harta, takhta, kata, dan cinta) sebagai sumber manfaat bagi orang lain

STIFIn (Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, Instinc)

SensingàHarta

ThinkingàTahta

IntuitingàKata

FeelingàCinta

InstincàBahagia

KUALITAS SEORANG PEKERJA CERDAS

Kualitas

I

II

III

IV

Mesin S di lintasan S Lalai dan menunda Sibuk seesaikan PR kemarin Sibuk kerjakan untuk siapkan besok Hari ini sangat sibuk
Mesin T di lintasan T Tidak tahu kalau tidak tahu Tidak tahu kalau tahu Tahu kalau tidak tahu Tahu kalau dia tahu
Mesin I di lintasan I Ingkar nikmat Sadar nikmat yang besar, tapi syukur bayar mencicil Sadar nikmat yang besar, syukur bayar kontan Sadar nikmat-nikmat yang kecil, selalu bersyukur
Mesin F di lintasan F Mudah menyerah Tegar atas musibah kecil Tegar atas musibah besar Sanggup diuji
Mesin In di lintasan In Diam, ketinggalan Hadir, terlibat Selalu diperlukan untuk terlibar Terlibat dan melibatkan
  1. PIMPIN PEKERTI (SIKAP PERILAKU POSITIF, PRODUKTIF, KONTRIBUTIF)
  1. POSITIF
  • Meringkankan diri dengan menjauhi keborosan
  • Sanggup mulai dari bawah
  • Tidak semaunya sendiri
  • Jauhi amarah dan diri orang lain
  1. PRODUKTIF
  • Setelah yang satu kerjakan yang lain
  • Malu karena tidak punya kesibukan
  • Jadikan hari ini sebagai hari paling sibuk; kemarin telah pergi dan esok belum datang
  • Sambut penghidupan yang pasti dengan tetesan keringat
  • Memelihara orang walau hanya satu seakan memelihara seluruh manusia
  • Raih bintang dengan optimis
  • Tidak tergesa melihat nasib
  • Saat diuji dia menyambut ujian itu dengan baik
  • MENGGANTI KEKHAWATIRAN DENGAN MEMULAI KERJA KECIL
  • TANAMLAH PADI WALAU BESOK KIAMAT
  1. KONTRIBUTIF
  • Selalu ingin menambah sahabat
  • Menyayangi orang lain
  • Selalu bersabar atas serangan negatif
  • Selalu senang atas kesuksesan orang lain
  • Ingin selalu berbagi nikmat
  • Memberi di saat sempit sekalipun
  • Memperbanyak epos bahkan kepada musuh
  • Tidak menyia-nyiakan kesempatan beramal
  • Membangun keberuntungan pada keperluan orang lain

Dengan pertolongan Allah aku yakin bisa meraih apa pun yang aku inginkan. Aku izinkan diriku untuk berhasil. Aku izinkan diriku untuk berubah. Aku izinkan nasibku untuk terus membaik. Saat ini dan selamanya aku selalu megizinkan semua yang akuu inginkan untuk hadir dalam hidupku dengan mudah dan menyenangkan. Alhamdulillahrabbul’alamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s