Rencana Bisnis di Lahat

Rumah di Lahat

Tiap kali mudik, saya selalu berpikir tentang keadaan ekonomi orangtua saya. Memang, dari gaya hidup kami, tak tampak bahwa sebenarnya ekonomi kami sedang sulit. Terdengar kurang enak memang. Tapi saya pikir itu benar, bahwa yang dimaksud dengan ekonomi sulit sama dengan besar pasak daripada tiang. Saya paham, penghasilan orangtua dengan pengeluaran setiap bulannya sangat tidak berimbang.  Sering dan rasanya setiap kali saya pulang, ada saja hal yang dibeli untuk sekedar menyenangkanku, walau kadang saya tak begitu membutuhkannya. Tapi, tetap saja, saya harus menghargainya. Saya sudah paham bagaimana respon ayah saya jika saja saya bersikap acuh dengan pemberiannya, entah itu buku, makanan, dan lain-lain.

***

Gaya hidup memang tak perlu diubah secara drastis. Alih-alih ingin berhemat, malah jadi terkesan kikir, apalagi untuk kebutuhan anak sendiri. Yang ingin saya sampaikan di sini adalah harus ada usaha yang lebih untuk menambah penghasilan, membuat perencanaan keuangan, mengatur pengeluaran, membatasi pemenuhan keinginan yang tidak terlalu perlu.

***

Karena itulah, seringkali otak saya saya ajak bermain-main, mencoba mencari ide usaha apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Akhirnya, terpikirkan oleh saya rencana bisnis yang insyaallah, jika DIWUJUDKAN (bukan dipikirkan dan ditanyakan terus) akan membawa perubahan positif bagi perekomomian keluarga. Berikut rencana bisnis sederhananya:

Ada 2 rencana bisnis, yaitu Usaha Medis dan Es Teler + Serabi

Tapi kali ini saya hanya akan menjelaskan rencana bisnis Usaha Medis yang diberi nama “Mantri Haji Pa’ong”.

Usaha Medis

  1. Strategi Bisnis

1. Identifikasi Masalah

  • Pengeluaran lebih besar (utang, cicilan, biaya kuliah, dan lain-lain)  daripada penghasilan (jualan barang dan makanan kebutuhan sehari-hari, jasa pengobatan) yang membuat tiap bulan selalu defisit keuangan. Bikin kening selalu mengkerut.
  • Belum ada usaha yang optimal untuk menambah penghasilan.
  • Tidak melakukan perencanaan keuangan.
  • Tidak membatasi pemenuhan keinginan.
  • Belum memanfaatkan lokasi rumah yang strategis dan reputasi (nama baik) yang bisa dijadikan peluang usaha.

2. Analisis SWOT

Strength (Kekuatan) :

  • Punya reputasi baik di Lahat dan sekitar lingkungan rumah.
  • Memiliki relasi yang cukup banyak.
  • Punya anak dan sanak famili yang bisa membantu.
  • Pengalaman yang cukup di bidang paramedis.
  • Lokasi rumah yang strategis.

Weakness (Kelemahan) :

  • Belum bisa keluar ke zona nyaman, tidak mau bersusah payah mencari ide usaha yang lebih menguntungkan, apalagi dijalankan.
  • Tidak mau mengambil resiko, merasa ribet karena sudah merasa lanjut usia dan banyak bertanya “bagaimana bisa?!”, bukan “agar bisa bagaimana?”

Opportunity

  • Kebutuhan untuk berobat akan tetap ada-apalagi dengan biaya yang murah, tinggal cara pemasarannya agar target pasar banyak yang terjaring.

Threat

  • Izin usaha mungkin dipermasalahkan. Tapi bukan suatu masalah yang besar, semuanya bisa diatasi. Yang penting usaha dijalankan.

3. Solusi

  • Membuat metode pemasaran baru bagi “usaha pengobatan/medis” yang selama ini dijalankan agar dapat menjadi sumber penghasilan yang bisa diandalkan, bukan hanya sebagai usaha sambilan, seperti memasang spanduk, pamflet dan selebaran (atau paling tidak spanduk yang dipasang di rumah) yang menegaskan bahwa usaha pengobatan ini “eksis” dan bisa dijadikan pilihan masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatan mereka.

4. Estimasi Laba

Pengeluaran/bulan

  • Dana Investasi Awal

– obat-obatan, alat suntik,

alat terapi bekam dan refleksi,dll                  Rp1.000.000

–  pembuatan spanduk panjang                        Rp   200.000

–  pencetakan selebaran dan pamflet                Rp   300.000

  • Biaya bulanan (penambahan obat-obatan,

penambahan alat suntik)                                  Rp 500.000

Total pengeluaran                       Rp2.000.000

Pemasukan/bulan

  • Dengan estimasi jumlah pelanggan

10 orang/hari dan tarif/jasa min @20.000

10×20.000x20hari                                           Rp4.000.000

  • Penjualan obat-obatan @10.000

10×10.000x20hari                                           Rp2.000.000

Total pemasukan             Rp6.000.000

Laba/Rugi = Pemasukan-pengeluran

= Rp6.000.000 – Rp2.000.000

= Untung Rp4.000.000/bulan (di bulan pertama)

Di bulan kedua dan seterusnyapengeluaran keuntungan akan lebih besar, jika Jumlah pelanggan konsisten atau semakin banyak.

            Gambar 1

            Gambaran spanduk publikasi di depan rumah

           

 

Contoh spanduk:

Untuk selebaran, isinya hampir sama, hanya saja di selebaran dicantumkan testimoni-testimoni orang-orang berpengaruh atau pengakuan yang sudah berobat di usaha medis “Mantri Pa’ong” agar menarik orang untuk mencoba berobat di usaha medis “Mantri Pa’ong”.

 TAKE ACTION. MAKE IT HAPPENS !!! FIGHT !!!

5 pemikiran pada “Rencana Bisnis di Lahat

  1. cukup menarik planning nya..tapi untuk spanduk lebih baik di tekan kan pada pengobatan Thibun nabawi nya..kalo biso pak haji paong di anjurkan untuk benar benar memperdalam tentang pengobatan Thibun nabawi,bukan hanya Hijamah dan acupressure,….sehingga kepalang pengobatan ala rasulallualah benar2 di jalankan..bila perlu judul spanduknya ” RUMAH SEHAT NABI” H. Paong.sukron

  2. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://satriyabisniss.wordpress.com/

  3. saya tidak banyak komentar, untuk memberi kesetujuan melalui acungan jempol seperti symbol dijejaring sosial disini tidak ada gambar ibu jari keatas yang harus saya klik….hanya beberapa kata buat above plan ” Brillian Mind “

  4. oke,ce…, aku siap masuk ke lowongan kerja yang ditawarkan tsb, ..yang penting kerja halal.benar dan pasti…hitung-hitung cari sampingan. sekali lagi oke..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s