Gagal untuk Sementara

Innalillah, di semester 3 ini aku telah gagal. Aku telah ceroboh. Semester lalu aku cukup berbangga telah mendapatkan IP yang cukup memuaskan, 3 koma. Ada perbaikan dari semester pertama, IP 2 koma. Namun, IP-ku semester ini 2,1 . It is terrible, isn’t it ? Ya, cukup menyedihkan. Aku menilai ini merupakan suatu kecerobohan dan ketidakseriusanku  dalam kuliah. Aku mungkin  pemecah rekor di program studiku, Pendidikan Bahasa Inggris (semoga tidak). I got “E” in textbook analysis subject.

Aku sebenarnya tidak terlalu ambil pusing dengan kejadian ini. Aku khawatir  ini akan menimbulkan stigma negatif bagi para aktifis mahsiswa dan memperkuat paradigma bahwa aktif  di organisasi kampus  hanya  akan menghabiskan waktu dan menurunkan prestasi. So, there is no time to study (they said). Tapi, sudahlah, aku pikir ini adalah  peringatan atas kecerobohan dan kemalasanku selama ini.  Biarlah  aku ambil hikmah dan manfaatnya. I have to believe that Allah will helps me if I always try and try to do the best. Ini hanyalah sebuah kegagalan  sementara. Toh kesuksesan tidak diukur dengan nilai. Yang pasti, be “tawadzun”, seimbang antara kuliah dan amal di organisasi. Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan dunia, jika kita tujukan untuk menggapai ridho Allah, insyaallah berkah dan akan membawa kita pada kesuksesan yang hakiki-bahagia di dunia dan akhirat.wallahualam

Tinggalkan Balasan

