Gunung Unik Itu Bernama Bukit Serelo

Bukit Serelo merupakan bukit unik kebanggan kami, kebanggan kota Lahat. Melihatnya dari kejauhan sungguh membawa hati kita takjub akan kebesaran Tuhan. Bentuknya unik seperti ibu jari, namun ada juga yang bilang seperti jari telunjuk. Itulah mengapa ia sering disebut gunung jempol dan ada juga yang menyebutnya bukit tunjuk. Tapi nama yang paling populer dan yang paling dikenal oleh kalangan penggiat pendakian gunung menyebutnya “bukit serelo”.

Saya tidak tahu persis mengapa ia disebut bukit serelo. Saya tidak banyak tahu tentang hal itu. Saya pernah mendengar sedikit legendanya dari seorang kakek yang tinggal di kaki bukit itu dan sayangnya saya lupa. Kapan-kapan kalau ada kesempatan saya akan pergi ke bukit itu lagi dan bertanya banyak tentang bukit serelo. 

Ada satu hal unik dari bukit ini. Apabila dilihat dari dekat, batu besar bukit ini berbentuk  gorila atau monyet besar yang sedang dililit ular. Nah, saya jadi ingat kalau hal ini pernah diceritakan oleh kakek tadi. Tapi sampai disitu saya lupa ceritanya.hehehe

Perjalanan menuju bukit ini tidak terlalu jauh. Untuk bisa sampai ke sana , dari Kabupaten Lahat kita menuju desa Ulak Pandan terlebih dahulu sekitar setengah jam. Dari desa ini, dengan berjalan kaki kita akan  melewati sebuah sungai melalui jembatan gantung dan melewati perkebunan karet warga setempat. Dari situ, kita juga akan melewati perkebunan kelapa sawit menyusuri jalan beraspal  sampai pada satu jalan menuju perkebunan warga menuju pintu rimba. Kira-kira waktu yang dihabiskan untuk bisa mencapai puncak sekitar 4-5 jam, tapi itu belum bisa dikatakan mencapai puncak karena untuk mencapai puncak kita harus melakukan pemanjatan dan butuh peralatan khusus. Tapi ada beberapa orang yang berhasil mencapai puncak tanpa menggunakan peralatan khusus, katanya sih merayap dengan mengilingi dinding bukit sampai ke puncak.  Tapi sayangnya, sampai sekarang saya belum pernah sampai ke puncaknya.hehehe Jadi malu !

Yang pasti, pendakian bukit ini tidak kalah serunya dengan pendakian gunung-gunung tinggi yang ada di Indonesia. Ada sesuatu yang membuatnya berbeda. Mau tahu ??? Ya datang ke kabupaten Lahat.(Iwz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s